Menghindarkan Kayu Karet Dari Hama Dengan Pengawet Kayu Karet Berbasis Insecticide

Agar kayu karet memiliki potensi yang tinggi sebagai pengganti kayu komersil, butuh perawatan menggunakan pengawet kayu karet agar terhindar dari hama perusak. Pengawetan menambah keawetan dan kekuatan kayu.

Di Indonesia, industri pengolahan kayu karet skala besar mulai berkembang sejak akhir tahun 1980-an, seperti di Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, dan Jawa. Pada awalnya, kayu karet banyak dimanfaatkan untuk kayu pertukangan, terutama kayu yang berdiameter besar, namun akhir-akhir ini kayu karet berdiameter kecil pun banyak digunakan untuk keperluan pabrik papan serat densitas medium (Medium Density Fibreboard, MDF). MDF dapat diproses menjadi bubur kayu, selanjutnya menjadi papan partikel, pulp, dan kertas.

Pengawet Kayu KaretTerbukanya pasar ekspor kayu karet gergajian dan berkembangnya pemanfaatan kayu karet berdiameter kecil untuk keperluan pabrik MDF menyebabkan makin banyaknya minat pengusaha perkayuan untuk ikut dalam kegiatan pengolahan kayu karet. Tulisan ini bertujuan untuk membahas potensi pemanfaatan kayu karet dan peranannya dalam mendukung peremajaan kebun karet rakyat..

Ada beberapa alasan mengapa kayu karet dapat digunakan sebagai substitusi kayu hutan alam dan menjadi andalan dalam memenuhi kebutuhan kayu baik untuk pasar dalam maupun luar negeri. Alasan tersebut adalah: 1) sifat-sifat dasar kayu karet, baik sifat fisik, mekanis maupun kimia relatif sama dengan kayu hutan alam, 2) potensi ketersediaan kayu karet cukup besar sejalan dengan peremajaan perkebunan karet rakyat, 3) nilai ekonomis kayu karet cukup baik, 4) kekuatan dan keawetan kayu karet mudah ditingkatkan menggunakan pengawetan dan bahan yang benar. Poin terakhir ini penting untuk mendukung kualitas kayu karet. Tujuannya pengawetan ini untuk menambah umur pakai dengan menghindarkan kayau dari hama perusak, seperti rayap ataupun kumbang bubuk.

Pengawet Kayu Karet Berbasis Insecticide

Pengawet kayu karet menggunakan bahan pengawet cypermethrine sangat direkomendasikan. Kenapa demikian? karena merupakan bahan yang murah, ramah lingkungan, mudah diperoleh dan mudah dalam pemakaian. Cypermethrin merupakan racun kontak dan racun saraf yang kerjanya cepat sehingga serangga akan mengalami keracunan. Pemakaian cypermethrine dengan konsentrasi 0,10% sudah cukup efektif untuk mencegah serangan rayap kayu kering. Saat ini sudah dikemas dalam nama yang disebut BioCide Insecticide dalam ukuran 130 gr.

BioCide Insecticide dapat diaplikasikan dengan system spray, pipa injeksi, vakum tekan, hingga perendaman. Bahan pengawet kayu tersebut cocok digunakan oleh industri pengolahan kayu yang akan dikirim ke tempat lain maupun dijadikan bahan baku lainnya.

Keunggulan BioCide Insecticide  Yang Perlu Diketahui

  1. Diformulasikan khusus untuk kebutuhan industri (woodworking) dan konstruksi bangunan.Pengawet Kayu Karet
  2. Efektif dan efisien memcegah kumbang bubuk, kutu, rayap, nyamuk, thether (thothor), kecoa dll.
  3. Memiliki spektrum organisme target luas.
  4. Aman dan ramah lingkungan.
  5. Dapat dilarutkan dengan air (ekonomis)
  6. Stabilitas atau masa aktif sampai 2 tahun.

Pengawet ini merupakan solusi untuk meningkatnya konsumsi kayu  mewah yang mahal. Penggunaan kayu komersil yang mewah semakin meningkat, maka demikian juga dengan pengawet kayu karet yang berkualitas seperti BioCide Insecticide. Kolaborasi keduanya dapat mengatasi kebutuhan kayu karet yang melonjak. Apabila Anda tertarik mengawetkan kayu karet  yang belum dikontruksi atau sudah jadi mebel, Biocide Insecticide dapat dipesan melalui wa & sms di 0821-6760-0693 atau 0821-6760-0692. Atau melalui MarketPlace BukaLapak : www.bukalapak.com/biodiana dan TokoPedia : www.tokopedia.com/dianarika25.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.